Meskipun bisnis yang Anda jalani masih masuk kategori UMKM pun, Anda harus tetap memiliki struktur organisasi yang baik. Sebuah bisnis besar pun dirintis dari usaha kecil sehingga perkembangan bisnis Anda bisa berjalan lebih lancar. Coba saja Anda buat struktur organisasi yang jelas dibandingkan dengan dasar penunjukkan posisi pada karyawan secara lisan. Anda bisa menggunakan struktur organisasi Mayora sebagai referensi memberikan pondasi posisi karyawan mulai bawahan hingga pemegang jabatan tertinggi.

Peranan Penting Struktur Organisasi Dalam Bisnis

Anda bisa membuat struktur organisasi perusahaan yang sederhana saja lebih dulu. Hal ini menyesuaikan dengan kebutuhan perusahaan skala kecil atau menengah, misalnya pimpinan, bendahara, sekretaris, kepala pemasaran, kepala keuangan, kepala operasional, dan sebagainya. Kenapa Anda harus memiliki struktur organisasi dalam perusahaan kelas kecil pun? Berikut alasan bisnis Anda wajib memiliki struktur organisasi yang jelas yaitu :

1. Bisa memperjelas pekerjaan setiap posisi

Setiap posisi di dalam perusahaan memiliki pekerjaan dan tanggung jawab laporan kinerja pada atasan. Misalnya Anda bisa menggunakan struktur organisasi Mayora sebagai contoh peletakkan dasar posisi dan pembagian tugas yang lebih jelas. Biarkan setiap kepala atau penanggungjawab melakukan tugas membimbing dan memimpin anak buah di divisi tersebut. Kejelasan tugas dan tanggung jawab bisa membuat setiap karyawan bisa bekerja lebih optimal.

2. Kemudahan koordinasi karyawan

Setiap divisi dalam perusahaan memiliki wewenang dan tanggung jawab masing-masing sehingga mereka akan menyelesaikan pekerjaan sebaik mungkin. Karyawan di divisi satu dengan lainnya bisa bekerja sama karena memiliki keterkaitan, misalnya bagian pemasaran dengan bagian keuangan atau divisi-divisi lain. Kemudahan koordinasi karyawan bisa membuat atasan lebih mudah dalam melakukan meeting hingga evaluasi bersama.

3. Bisa mengurangi konflik internal

Adanya struktur organisasi yang baik bisa mengurangi konflik internal sebab setiap jabatan memiliki tanggung jawab masing-masing. Pekerjaan divisi satu dan divisi lain sangat jelas sehingga tidak ada lempar tanggung jawab saat mengalami masalah tertentu. Tim HRD juga lebih mudah dalam melakukan pemantauan, absensi, evaluasi kerja hingga pemberian bonus untuk karyawan yang berprestasi.

4. Bisa mendorong motivasi karyawan

Dengan adanya struktur organisasi yang jelas, karyawan bisa semakin semangat dan termotivasi untuk meningkatkan kinerja agar bisa mendapatkan kesempatan naik jabatan. Jenjang karir yang jelas menjadi salah satu pelecut semangat karyawan dan bisa mendorong loyalitas pada perusahaan.

Karyawan akan terus meningkatkan performa karena ingin mendapatkan promosi jabatan, bonus atau tunjangan menarik lain. Sebagai atasan yang baik, Anda bisa melihat performa karyawan dari struktur organisasi ini, termasuk evaluasi kinerja karyawan yang mulai menurun. Tentu Anda bisa memberikan teguran atau SP bila karyawan memang mengalami penurunan kinerja yang buruk.

5. Membantu pencapaian target perusahaan

Adanya struktur organisasi perusahaan bisa membantu bisnis Anda berkembang lebih pesat dengan tujuan yang jelas. Pencapaian target setiap divisi bisa menjadi bahan evaluasi apakah perusahaan semakin berkembang atau berada pada posisi stuck, bahkan merugi setiap periode tertentu. Perombakan struktur organisasi dari laporan pencapaian target bisa saja dilakukan demi mendapatkan hasil yang lebih bagus.

Anda bisa menjadikan struktur organisasi Mayora sebagai referensi untuk membangun struktur organisasi perusahaan sendiri. Struktur yang jelas bisa membantu Anda mengawasi dan memberikan motivasi kepada karyawan untuk meningkatkan kinerja sesuai posisi masing-masing. Meskipun Anda memiliki usaha kelas menengah dengan jumlah karyawan terbatas pun, tidak ada salahnya membuat struktur organisasi sederhana demi meningkatkan perkembangan perusahaan lebih pesat kelak.

 

 

By admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *