Beragam makanan dan minuman ditawarkan, sehingga konsumen bebas memilih dan menyantap hidangan sepuas hati, sekuatnya perut. Namun, tak semua konsumen bijak memesan makanan saat berada di restoran all you can eat.

Tentu saja perilakunya menuai kecaman. Selain mubazir, ia juga tak jujur dan bertanggung jawab atas perilakunya memesan berlebihan. Padahal, restoran all you can eat sengaja menerapkan biaya tambahan agar konsumen tidak mudah buang-buang makanan.

Lalu, bagaimana cara bijak mengonsumsi makanan sepuasnya di restoran all you can eat? Berikut tipsnya

Kelilingi etalase dan lihat semua pilihan menu

Sesampainya di restoran, hal pertama yang perlu dilakukan sebelum mulai mengambil makanan adalah mengelilingi seluruh etalase restoran. Hal ini bertujuan untuk terlebih dahulu melihat variasi menu yang tersedia sebelum memutuskan apa yang ingin diambil. Meski harus menunda 5-10 menit untuk makan, hal ini akan membantu proses seleksi makanan sembari merekam catatan makanan yang akan diambil kemudian.

Atur porsi makanan

Pernahkah Anda penasaran mengapa piring yang disediakan di etalase restoran tidak berukuran besar? Jawabannya, untuk mengontrol porsi yang diambil. Piring berukuran besar akan menstimulasi alam bawah sadar untuk mengambil porsi banyak agar piring penuh. Hal ini sebaiknya dihindari.

Mulailah dengan porsi kecil agar Anda bisa menikmati banyak varian makanan yang ditawarkan. Setelah mencicipi semua varian, barulah mengambil porsi tambahan berdasarkan apa yang disukai. Dengan demikian, makanan tak bersisa.

Atur keseimbangan jenis makanan

Hal lain yang bisa dilakukan agar lebih bijaksana menikmati makanan adalah dengan mengambil jenis makanan yang seimbang. Jika Anda ingin menyantap lebih banyak protein, seperti daging, sebaiknya porsi karbohidrat seperti nasi atau kentang tidak terlalu banyak.

Atur juga urutan jenis makan agar tidak tumpang tindih, seperti dimulai dengan kudapan, dilanjutkan dengan makanan berat dan ditutup dengan penyegar.

Pilih jenis minuman dan penyegar yang ringan

Selain makanan, perhatikan pula minuman dan penyegar yang dikonsumsi. Memang, minuman dan penyegar cenderung manis sehingga terlihat sangat nikmat dan menggiurkan. Namun, hal ini juga akan membuat perut cepat kenyang. Apabila jenis minuman dan penyegar tidak diatur dengan baik, Anda akan cepat kekenyangan meski makanan belum disantap semuanya

Tanamkan mindset yang tepat pada diri sendiri

Poin terakhir dan yang paling utama, atur mindset yang tepat di kepala sebelum memasuki restoran all you can eat. Sebaiknya, mindset yang dibawa adalah menikmati berbagai hidangan yang ada, bukan hanya untuk makan banyak dan puas dalam satu jam, misalnya. Dengan mindset yang tepat, Anda akan lebih bijak dalam menikmati makanan yang diambil.

Demikian berbagai tips yang bisa diterapkan saat menjajal kulineran di restoran all you can eat

By admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *