Anda tentu sudah familiar dengan tahu. Ya, tahu yang berbahan dasar kedelai ini seringkali dimanfaatkan sebagai bahan lauk pauk sehari-hari. Rasanya yang enak dan bisa diolah menjadi berbagai jenis makanan menjadikan tahu hampir tak pernah absen dari daftar belanja ibu-ibu. Apalagi resep tahu juga banyak ditemukan di internet, hal ini menjadi solusi tersendiri bagi Anda yang mungkin sudah bosan dengan menu yang biasa dibuat dan ingin mengeksekusi resep lainnya. Bahkan Anda juga bisa mengolah tahu sebagai camilan, lho.

 

Di pasaran, Anda bisa menemukan beberapa jenis tahu. Ada yang warnanya putih, cokelat dan kuning. Tekstur tahu juga berbeda-beda, ada yang padat, lembut dan sangat lembut. Biasanya tahu diolah dengan cara digoreng, ditumis, bahkan dipanggang. Tidak hanya enak dan jadi bahan andalan untuk mengkreasikan masakan, ternyata tahu juga memiliki segudang manfaat untuk kesehatan.

Tahu untuk Kesehatan

Apa saja manfaat tahu untuk kesehatan? Berikut ulasannya.

1.     Meminimalisir masalah pencernaan

Tahu mengandung isoflavone yang membantu meminimalisir risiko kanker saluran pencernaan. Hal ini sejalan dengan hasil penelitian pada European Journal of Nutrition tahun 2016 lalu yang membuktikan bahwa seseorang yang rutin mengonsumsi tahu akan mengalami penurunan risiko kanker sistem pencernaan sebesar 7 persen.

2.     Menurunkan risiko kanker payudara

Isoflavone yang dimiliki tahu tidak hanya bermanfaat untuk meminimalisir masalah pencernaan namun juga dapat menurunkan risiko kanker payudara bagi wanita. Isoflavone ini memiliki peran yang baik terhadap kadar estrogen dan siklus menstruasi. Penelitian menyebutkan bahwa wanita yang sering mengonsumsi tahu akan mengalami penurunan risiko kanker payudara sebesar 48-56 persen.

 

Oleh karena itu, ada baiknya mulai saat ini Anda lebih rajin mengonsumsi tahu. Jika tidak terlalu menyukai bahan makanan ini, minimal konsumsilah seminggu sekali. Atau Anda juga bisa mencari resep tahu untuk menyiasatinya menjadi makanan yang Anda sukai.

3.     Mempertahankan kesehatan darah

Mengandung zat besi yang tinggi membuat tahu memiliki andil besar dalam meningkatkan pembentukan sel darah. Dengan demikian Anda yang rutin mengonsumsi tahu akan terhindar dari anemia. Lebih dari itu, protein dalam kedelai juga berperan menurunkan kadar gula dalam darah sehingga risiko diabetes bisa dicegah.

4.     Mengoptimalkan kinerja otak

Seperti yang telah disinggung sebelumnya bahwa tahu mengandung isoflavone, kandungan ini dapat membantu mengoptimalkan daya ingat dan fungsi kognitif. Tidak hanya itu saja, tahu juga mengandung lesitin yang memproduksi asam fosfolipid fosfatida (PA) dan fosfatidilserin (PS) yang mana keduanya mempunyai peranan penting dalam meningkatkan kinerja unit kerja dasar otak atau neuron.

5.     Menjaga berat badan ideal

Anda yang saat ini sedang dalam program diet sangat dianjurkan untuk mengonsumsi tahu. Hal ini karena tahu mengandung kalori yang rendah sehingga tidak akan membuat berat badan naik drastis. Lebih dari itu, tahu juga mengenyangkan sehingga menu ini cocok dikonsumsi untuk Anda yang rentan makan secara berlebihan.

 

Demikianlah 5 manfaat tahu bagi kesehatan yang perlu Anda pahami. Menjaga kesehatan adalah keharusan bagi setiap orang, terlebih di masa pandemi saat ini. Untuk itu pastikan Anda memperhatikan gizi dan nutrisi setiap makanan dan minuman yang dikonsumsi agar kesehatan senantiasa terjaga. Jangan lupa memasukan tahu sebagai menu keluarga, ya! Walaupun belum pandai mengolah tahu, Anda bisa dengan mudah mencari referensi resep tahu di internet.

 

Semoga ulasan di atas bermanfaat, ya.

By admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *