Vitamin memiliki banyak peran penting, seperti menjadi sumber nutrisi, meningkatkan kekebalan tubuh, hingga memperbaikin kerusakan DNA. Karena itu, kekurangan vitamin akan membuat tubuh kekurangan asupan nutrisi, yang akan membuat kulit kering, timbul kerutan, atau infeksi. Namun, apa saja vitamin yang penting bagi kesehatan kulit?

Berikut daftar vitamin yang bisa membuat kulit sehat dan glowing.

Vitamin A, Vitamin A memiliki kandungan antioksidan tinggi, dan kerap digunakan sebagai bahan pembuatan tabir surya, serum anti penuaan, dan pelembap. Vitamin satu ini tak hanya akan membuat kulit terhidrasi karena merangsang kelenjar sebeaceos dan terlihat lebih muda, namun juga dapat menghadapi masalah kulit seperti jerawat, garis-garis halus, dan kerutan. Selain itu, vitamin A juga dapat membuat penyembuhan luka lebih cepat dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh bawaan kulit. Bagi orang dewasa yang sehat, vitamin A sebanyak 700 mcg bagi pria dan 900 mcg per harinya sangat disarankan. Untuk menemukannya, bisa memakan buah dan sayuran berwarna oranye seperti paprika dan wortel. Sayuran hijau seperti bayam dan brokoli serta produk susu dan minyak ikan cod juga memiliki kandungan vitamin A yang baik.

Vitamin C, Vitamin C sangat bermanfaat bagi kulit kita. Pasalnya, vitamin C memiliki membentuk sistem kekebalan tubuh dan mengurangi peradangan. Lalu, vitamin C juga dapat mencegah kanker kulit karena antioksidannya yang kuat. Kulit kita juga bisa lebih kencang karena sintesis kolagen dari vitamin C, lho. Luka dan bekas luka pun bisa ditangani dengan vitamin C. Asupan vitamin C yang cukup dapat membantu mengurangi photodamage yang disebabkan oleh sinar UV yang berbahaya dari matahari serta membuat warna kulit merata dan bercahaya. Untuk mendapatkan manfaat itu, RDA mengungkapkan bahwa pria membutuhkan 90 mg vitamin C, setiap harinya, sementara wanita membutuhkan 75 mg vitamin C. Vitamin C bisa didapatkan dengan memakan buah keluarga jeruk, seperti lemon. Buah dan sayuran lain seperti kiwi dan strawberry juga banyak mengandung vitamin C.

Vitamin E, Vitamin E memiliki kandungan antioksidan dan anti peradangan alami yang sangat baik untuk kulit. Vitamin E akan membuat kulit selalu lembap tanpa bitnik hitam dan melindunginya dari kerusakan. Selain itu, kerutan pun berkurang, membuat kulit terlihat lembut dan segar. Untuk mendapatkan asupan 15 mg vitamin E setiap harinya, makanlah kacang-kacangam, minyak sayur dari bunga matahari dan semacamnya, atau sereal sarapan.

Vitamin D, Vitamin D sebenarnya bisa didapatkan dari paparan sinar matahari langsung selama beberapa menit setiap hari. Kendati demikian, paparan sinar matahari yang terlalu lama dapat menyebabkan kanker kulit. Karena itulah, berjemur terlalu lama tidak dianjurkan, apalagi jika tak memakai tabir surya dengan SPF tinggi. Namun, vitamin D tetap bisa didapatkan dari produk olahan susu seperti mentega, keju, dan lainnya. Susu berbasis tumbuhan serta jus dan yogurt pun dapat memberi asupan vitamin D bagi tubuh. Ikan, telur, serta sereal sarapan juga bisa membantu untuk memenuhi asupan vitamin D sebesar 20 mg per harinya. Manfaat vitamin D bagi kulit juga cukup banyak, seperti melindungi kulit dari senyawa kimia berbahaya serta mengunci kelembapan kulit. Selain itu, vitamin D juga memiliki efek antimikroba pada kulit dan mengatur produksi minyak.

By admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *